Jumat, 10 Februari 2012

Antara Novel dan Gue

Novel...  :)
Bacaan yang sejak kelas 3 SMP gw senengin...
Kenapa mesti Novel? gak Komik atau bacaan 'ringan' lainnya?
Katanya -sebagian orang- sih Novel itu terlalu 'berat' dan ngebosenin dibaca, apalagi untuk remaja yang umumnya seneng yang simple dan to the point.
Sebetulnya awalnya jg gw berpikiran hal yang sama.. Dulu, sblm gw seneng baca novel, gw beranggapan kalo Novel itu keterlaluan, gimana nggak, tebelnya aja udah setebel kamus lengkap bhs Indonesia, gak kebayang bisa baca setebel itu.

Tapi semua berubah 180derajat, ketika gw kepaksa baca Novel yang dulu lagi hits banget.. 'Ayat-Ayat Cinta'. Emak, kakak, temen, ampe guru gw semua pd baca Novel bersampul gambar dua bola mata yang memandang lurus ke depan itu. Gejolak penasaran gw pun tumbuh melihat demam novel satu ini. dengan terpaksa, gw baca tuh novel setelah emak dn kakak gw selesai baca.
Gw masih inget judul bab pertama di Novel karya Kang Abik ini, "Gadis Mesir itu Bernama Maria". Judul yang sederhana, tapi ntah mngapa tampak menarik bagi gw.
Lembar demi lembar gw baca -gw inget, prtama kali gw baca , sore hari di ruang tamu #gak penting ya?#- hingga akhirnya usai juga Bab1.. Dan, salut untuk kang Abik, gw bener2 terbius dgn tutur kata di novel ini. Mudah banget gw cerna dan meskipun belum masuk ke inti cerita, tapi gw malah penasaran dan akhirnya kepaksa terus membacanya.
Sebagai orang yang sebelumnya anti ama novel, gw jd malu sendiri,, krn ternyata gw nyelesain ni Novel cuma 2 hari. Novel pertama yang gw baca ini bener2 membius gw, dan membuat perubahan besar dalam hidup gw. Tokoh yang dihadirkan berhasil membuat gw mengidolakannya.. Saluttt dah :)

Dari sinilah gw mulai menyukai membaca Novel, beberapa jenis novel sempat gw baca, hingga akhirnya gw tau tipe novel yang cocok buat gw, yaitu Sosial atau Religi. Yap, Genre novel ini lah yang sampe sekarang menjadi santapan gw.

kembali ke pertanyaan awal. Kenapa mesti Novel?
gw seneng novel -dalam hal ini genre Sosial atau Religi- karena menurut gw Cerita dalam novel itu sarat dengan pesan hidup. Penyampaian pesan2 moral nya disampaikan dalam alur cerita yang seringkali membuat kita seolah menjadi bagian dari cerita itu. Jadi tidak terkesan menggurui. Pesannya tersampaikan secara sadar ataupun tidak dari pola cerita dan tingkah tokohnya sendiri. Apresiasi besar buat Novelis2 andal yang telah berhasil menghipnotis pembacanya, termasuk gw.

Cerita yang dihadirkan pun -sekali lagi ini tntng novel sosial atau religi- memang seringkali berdasarkan realita yang ada , jadi pelajaran hidup dapat dengan mudah kita terima. Tidak menggurui, itu yang penting! Pembaca tetep enjoy mengikuti alur cerita, namun pesan2 yang hendak disampaikan juga dengan enjoy dapat terserap pembaca.


Hingga sekarang, lebih dari 35 novel yang udah gw baca. dan dari sanalah, gw mengambil banyak pelajaran tentang kehidupan.

Ini list novel/ Novelet yang pernah gw baca dan umumnya masih tersimpan rapi di Rak buku gw :
1Ayat-ayat Cinta
2.KCB 1
3.KCB 2
4.Dalam Mihrab cinta
5.Bumi Cinta
6.Pudarnya pesona Cleopatra
7.Diatas sajadah Cinta
8.Dzikir Cinta
9.Kimya Putri Rumi
10. Elegi cinta Maria
11. Ketika cinta berbuah surga
12. Makrifat cinta
13. yusuf zulaikha
14. Bait-bait Cinta
15. DMC the Romance
16. Derap-derap Tasbih
17. Laskar Pelangi
18. sang Pemimpi
19. Padang bulan
20. Cinta dalam gelas
21. Mukjizat Cinta
22. Muhammad sang Penggenggam Hujan
23. Titian Nabi
24. Para Mujahid Cinta
25. Girls of riyadh
26. The Kite Runner
27. A Thousand splended Suns
28. Moga Bunda Disayang Allah
29. Hafalan Shalat Delisa
30. Cinta suci zahrana
31. Gadis Kota Jerash
32. Negeri 5 menara
33. Ranah 3 warna
34. Bidadari-bidadari surga
35. Salah Asuhan
36. Dibawah lindungan ka'bah
37. Marmut merah jambu (komedi gini jg ok dibaca)

0 komentar:

Posting Komentar