Minggu, 02 Maret 2014

Pola Ruang Sosiopetal dan Sosiofugal



 Ruang merupakan area berdimensi tiga yang bervolume. Dalam dunia lanskap mungkin dapat diartikan sebagai wilayah dimana terdapat elemen-elemen yang membentuknya. Pada perancangan/tata ruang, biasanya kita akan mengidentifikasi fungsi atau peruntukan ruang, apakah sebagai ruang publik, servis, atau personal. Ruang personal sendiri dapat diartikan sebagai ruang dimana tidak diharapkan gangguan dari luar yang datang. Rasa privasi atau integritas personal sangat diharapkan. Ruang personal tidak selamanya untuk satu individu, namun juga dapat bersifat kumpulan. Dalam penataan suatu ruang terdapat 2 pola yaitu pola kesosiopetalan dan pola kesosiofugalan.

1. Kesosiopetalan
Kesosiopetalan merupakan bentuk setting ruang yang mendorong terjadinya hubungan interpersonal (face-to-face), yang secara ringkas diharapkan adanya hubungan kontak di ruang publik. Contohnya ialah pada bentuk gazebo, bangku diskusi/rapat, ampiteater, dll
2. Kesosiofugalan
Kesosiofugalan merupakan bentuk setting ruang yang cenderung memisahkan orang dengan orang, yang berarti sangat mementingkan privasi penggunanya di ruang publik. contohnya ialah pada halte, ruang tunggu, atau area pemancingan.

Maka menjadi hal penting pula bagi seorang penata ruang/arsitek lanskap untuk memahami bagaimana kebutuhan pengguna dapat terfasilitasi dengan baik melalui penataan ruangnya... Inilah yang biasa disebut "Form follow function".



3 komentar:

  1. terimakasih banyak bang buat tulisannya bermanfaat banget buat bahan ngerjain tugas^^

    BalasHapus