Jumat, 28 Februari 2014

Poster Arsitektur Lanskap

Poster adalah salah satu media presentasi, termasuk di dunia kerja lanskap. Pada beberapa Mata kuliah arsitektur lanskap pun, kita dilatih untuk mampu menyuguhkan hasil kerja kita pada kertas yang disebut poster tersebut. Menuangkan hasil kerja kita pada poster tidak bisa dibilang mudah, karena kita harus mampu menyuguhkan beragam hasil olah kerja kita hanya pada poster yang luasnya terbatas, bagaimana pesan yang kita ingin sampaikan dapat diterima dengan baik dan benar pada klien juga menjadi hal penting, dan tak lupa menghadirkan layout poster yang menarik namun tetap nyaman dibaca. Hal menarik pula ialah mungkin dari poster, kita dapat membaca karakter pembuatnya. Setuju?
        Berikut adalah contoh poster yang saya buat untuk MK Perencanaan Lanskap dan MK Teknik Stuido :

1. MK Perencanaan Lanskap
      Mata Kuliah ini sebagaimana namanya ialah mempelajari olah alam melalui karakter yang dimilikinya untuk menghadirkan zonasi lanskap sesuai pengembangan yang ingin kita buat atau yang sesuai dengan karakternya. Kepandaian seorang planer dalam menganalisis kondisi tapak/lanskap adalah hal penting agar perencanaan yang dihasilkan dapat sesuai, seimbang, fungsional, estetik, dan berkelanjutan.
        untuk MK sesi UAS ini, saya mendapat tema Perencanaan CBD (Central Bussiness Ditrict) yang mau tidak mau saya akui sulit dalam hal kriteria kesesuaiian, dan konsep dasar yang harus diambil. Kenapa? karena ilmu saya memang jauh dari mengerti dengan tema ini, apalagi beberapa literatur yang berhasil didapat pun tidak mampu memeberi kepastian dan kekuatan dalam perencanaan. Inilah nasib yang harus saya terima, hingga akhirnya konsep Komersial Rekretif pun saya usung meskipun tidak kuat dan apa adanya.. Ya sudah lah, mahasiswa bukan? jadi boleh salah... :)


2. MK Proyek Studio
        Mata kuliah yang hanya 2 sks namun nyatanya memakan waktu seperti 4 sks. Kenapa? mungkin faktor gengsi yang melekat pada mata kuliah ini. Tapi saya akui ada benarnya, karena seperti namanya, mata kuliah ini mencakup semua ilmu lanskap yang telah kami pelajari dari awal, dan disinilah kami berlatih menyuguhkan karya lanskap seolah-olah dalam dunia kerja asli.
         untuk kali ini kami mendapat tapak di kawasan kampus. ada plus dan minusnya, mungkin kami merasa bosan, karena mendapat lokasi yang sudah terlalu biasa dikunjungi, namun positifnya kami bisa lebih memahami kondisi tapak, bahkan sosial budayanya pun sudah tidak perlu kami gali terlalu dalam. dengan konsep 'Akupuntur kampus', akhirnya poster Proyek Studio ini berhasil terselesaikan dengan cukup memuaskan..

0 komentar:

Posting Komentar