Selasa, 25 Februari 2014

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Sulawesi Selatan





Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) yang terletak di Maros, Provinsi Sulawesi selatan, yang berjarak tempuh sekitar 42 km (1 jam) dari Kota Makassar ini merupakan kawasan konservasi alam (SK.398/Menhut-II/2004) dengan beragam keunikan. Kawasan ini terkenal dengan area kars, goa-goa nan indah, serta area konservasi kupu-kupu. Bahkan Alfred Walacae menjuluki TN Babul ini sebagai 'the Kingdom of Butterfly' . Selain itu yang menjadi daya tarik utama TN ini ialah keindahan alam nya yang merupakan lembah bukit kapur dengan tanaman tropis dan habitat spesies yang beragam.

Gerbang Masuk TN

  
Loket Tiket





Keindahan Lanskap alami yang ditawarkan inilah yang membuat TN ini sangat diminati baik sebagai area wisata, pendidikan, dan penelitian. Bahkan sering disebut pula TN Babul merupakan salah satu pesona Karst yang terindah.

Menurut Wikipedia.org Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping

Dan berikut adalah dokumentasi sebagian kawasan TN Babul
\











Foto : Dokumentasi Pribadi

0 komentar:

Posting Komentar