Sabtu, 16 Juni 2012

Kenapa Arsitektur Lanskap? Kayak gak ada pilihan lain..

Arsitektur Lanskap... Jenis nama arsitektur yang mungkin dikalangan orang awam masih sangat langka, bahkan mungkin pula gak mengenal sama sekali jenis ilmu macam apa ini.
Itu juga yang dulu saya rasakan, aneh dan baru denger ada jurusan ilmu seperti ini.
Secara umum, jika diartikan secara langsung, Arsitektur Lanskap berarti Arsitektur Pertamanan. tapi sebetulnya artinya gak sesempit itu.

Terdapat 2 cabang ilmu utama yang dipelajari disini, yaitu Arsitektur dan kedua ialah Pertanian. Di Eropa, terutama Perancis, ilmu ini berakar dari Ilmu arsitektur, tapi di Amerika, Jepang dan negara2 asia, menganggapnya dari Ilmu Pertanian.
Bukan masalah dari mana ilmu ini berakar, karena toh, kedua ilmu ini memang dipelajari di LA (Landscape Arch)


"Terus.. mengapa mesti LA? kayak gak ada pilihan lain"
Mungkin gw cuma bisa jawab : Karena gw bukan orang lain, gw suka ilmu unik ini. Ilmu yang mungkin sekarang blm bnyk dilirik, karena blm bnyk yang tau kalo dari Ilmu inilah, perbaikan lingkungan yang sering di ujarkan orang2 itu bisa diatasi.

Gak berlebihan kok.. jujur deh... ^^v
Begitu concern nya ilmu ini untuk tetap menyeimbangkan ekologis yang ada, tapi kita sebagai manusia juga dapat bagian utama untuk memperoleh hak.

Hal-hal lain yang juga perlu diketahui,
Pertama, kita gak cuma gambar disini. Gw yang gak mampu gambar indah, tetep bisa eksis di ilmu ini, yaa,, krn kita disini bukan ahli seni murni. LA itu seni terapan, perpaduan seni dan ilmu pengetahuan.
Kedua, kita juga gak berarti belajar teknik utuh. Disini kita bisa mengekspresikan ide sesuka hati untuk konsep yang hendak dijual. Karena Ide Desain adalah hal utama yang nantinya kita jual, dan itu Imajinasi.. Gak terpaku pada buku.

Disinilah kita bisa berekspresi dan berimajinasi untuk lingkungan kita. Mengubahnya menjadi lebih baik, dan mengelolanya agar lestari.

Tulisan ini gak bakal mengungkap banyak tentang LA, karena gw yakin, cukup dengan tulis 'Landscape Architecture' aja di google, maka semua info dapat lo ambil disana.

ini pure tulisan singkat layaknya cerita sebelum tidur, so.. maaf aja kalo ada yang kurang dan keliru :)

-Landscape Arch. its my best choice-

10 komentar:

  1. assik, udah dapet feel nya di ARL :3

    BalasHapus
  2. Kk.. thanks udah sharing..
    ngomong2, aku (ajsh...@yahoo.co.id) ada kirim email ke e-mail kk -tarmizi.ARL47@yahoo.com
    aku mau nanya-nanya soal Landscape Architecture.. hehe..
    dibaca ya kk ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf y baru kebaca komennya... kmren2 keasikan numblr, jd blogspotnya sdikit terasingkan :) nnti sy lihat lg emailnya,., mudh2an tetep bisa ngjwab msti telat. Maaf bgt ya :)

      Hapus
  3. Slam kenal..
    gw sebernarnya anak arsitek, tapi skrg gw suka sama arsitek landscape. terkadang dalam dunia kerja landskap kadang2 di anak tirikan tetapi bangunan tanpa landscape tidak akan nyaman dan mungkin akan terlihat tak indah dan gersang. dan bila anda ingin merancang sebuah kasan hendaklah merancang dengan seimbang antara softscape, hardscape dan openspace sehingga bila kita berada di situ akan terasa nyaman dan dapat menikmatinya.
    trim's

    Arif muslihin
    graha cipta hadiprana

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi bro... perencanaan lanskap harusnya emng selalu bersandingan dgn rancangan arsitektural bangunan.. trkadng kita, trutama negara2 brkmbang terlalu memfokuskan ke aspek kbutuhan manusia aja. pdhal knyataannya kberadaan taman mnjadi hal penting jg untuk mmenuhi kbutuhan psikis manusia , terutama untuk mnjaga kestabilan lingkungan dn ekosistem.

      Hapus
  4. makasih banget kak udah sharing. tapi baru kebaca sekarang hehe, soalnya buat mantepin prodi yg pengen aku pilih.
    aku mau nanya nih, kan aku pengen ngambil jurusan ars. lanskap di ipb rencananya sih (semoga keterima,amiiin). nah yang dipelajarin di jurusan itu tuh apa aja (dari bidang ipa maksudnya)? kalau soal seni kan pastinya yah? terus di sana itu apakah lebih mendominan pada menggambarnya atau tekniknya. itu dulu aja deh, thanks before ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi di lanskap IPB cukup luas yg kita bahas, fisika jg ada, tp yg standar bgt, kyk cuma ngitung konstruksi bangunan taman (*itu di 1 mata kuliah, namanya Konstruksi bangunan taman, dn cuma simplenya aja, gk detail kyk sipil). trus biologi kyk sifat pertumbuhan dn fisik tnmn, bljr tanah jg, ama iklim.
      jd kita itu ada 4 bidang nantinya : Perencanaan , desain, pengelolaan, ama tanaman.
      1. Perencanaan -> kita membuat rencana satu kawasan untuk dibuat apa, jd dianalisis tuh aspek2 yg ada , kyk tanah, iklim, vegetasi, penduduk, dll
      2,. Desain -> ini lebih detail , jd kita buat desain kawasannya kyk gimana degn mmperhatikan perencanaan yg udah dibuat.
      3. pengelolaan -> lanskap yg udah ada kan butuh dijaga dan dirawat, nah di manajemen/pengelolaan ini lah kita bkrja
      4. tanaman -> jd kita fokus ke aspek vegetasi, trmsuk jg untuk tata hijau.

      Dominan yg mana sy jg bingung.. haha... krn kita emng gmbr, tp kan aristek gak bebas kyk org seni, ada teknik gmbrnya.. dibuilag teknik, ya gak jg, kn kita bkn sipil..

      kurng lebih bgitu.. maaf y kalo masih bngungin.. bisa baca lg di postan saya yg lain : http://tarmizithelandscaper.blogspot.com/2011/10/lanskap-pilihanku.html

      Mksh :)

      Hapus
  5. numpang lewat~
    sy br tahun ini jd mahasiswa ARL.
    kalo dibilang mgkin trlalu dini bt ngomongin kerja yg notabenenya sy baru jd mahasiswa.
    singkat cerita, sy itu mengagumi negara Jepang. olh krn itu, ktika sy ga ditrima dipilihan satu *ktn ARL pilihan kdua sy* sy mulai trtarik dgn ARL krn dgr dr salah satu dosen bhwa ARL itu hubungannya sm negara Jepang sangat bagus *ya trlihat dr pertamanan d sana yg unik2 sih*..

    sy tdnya mikir utk freelance krn sy sh pgnnya membuka lapangan pkerjaan bukan mencari pekerjaan *yg sy dgr utk buka konsultan itu biasanya minimal S2 y??
    tp utk awal karir pastinya diawali dr bawah, jd kmungkinan besar jd pegawai dulu d suatu perusahaan.
    sy mw nanya, contoh perusahaan negeri atau swasta yg cocok dgn ARL apa ya??

    terima kasih~
    ^^

    BalasHapus
  6. selamat sore. salam kenal kak, aku titin mahasiswa arl 2017. makasih banget udah nulis tentang arl. Seperti kata kakak di arsitektur lanskap itu mempelajari banyak hal. Jadi, buat teman-teman yang mau ambil prodi ini buat kuliah disarankan untuk tidak malas membaca. Terimakasih

    BalasHapus