Senin, 30 Maret 2015

TRIP 'Jogja-Solo-Pekalongan-Batang' (Part2 /end)

Kita lanjut cerita Trip panjang ini...

Tepat jam 21.00 travel yang kami pesan seharga 90rb/orang datang. Tanpa buang-buang waktu langsung kami merapikan barang ke dalam mobil dan meluncur dengan perut yang sudah terisi sepiring nasi mercon –dua piring buat Gerry yang nambah porsi-

4 Maret 2015
            Berharap perjalanan berjalan lamban, ternyata Cuma 5 jam, kami udah sampai di Kota Pekalongan yang artinya kami sampe dikala orang-orang lagi nyenyak-nyenyaknya tidur. Masalahnya adalah... kami tetep aja gak punya pilihan buat nginep dimana demi alasan budget –namanya jg backpacker- , jadilah Masjid adalah tujuan utama kami. Masjid Al-Fairus yang ada di jalan Pantura ini selalu jadi penyelamat kami kalo ke Pekalongan. Selain masjidnya gede, fasilitas kamar mandinya jg mumpuni buat mandi dan bebersih. Jadilah Masjid ini menemani malam dingin kami dari jam 2 malem ampe subuh, selagi nunggu pasukan terakhir dateng.

Masjid Al-Fairus
            Jam 7 pagi, pasukan tambahan, Rusli pun dateng. Abis diskusi2 dikit, kami bersiap buat sarapan yang ada tepat di depan Masjid juga. Berhubung gue lagi gak fit –ampe 5 kali bolak-balik toilet- saat itu, jadilah gue cuma mesen Teh anget aja seharga 2rb, sedangkan yang lain makan nasi dan lauk2nya dengan biaya berkisar 7rb an aja.
            Karena bingung mau jalan kemana dulu, akhirnya kami langsung putuskan saja buat lagsung ke Pasar Doro, di Kec.Petungkriyono, Kab.Pekalongan . Sewa angkot 100rb dengan waktu tempuh sekitar 45menit, tibalah kami di pasar Doro. Karena kepagian alias doplak -mobil bak terbuka- yang bakal membawa kami keatas ke desa Curug Muncar baru bakal jalan jam 11 siang, jadilah kami istirahat di emperan toko. Untungnya jam 10.30an doplaknya udah jalan, jadi gak kelamaan banget juga.
            Biaya doplak naik yaitu Rp15.000, dan kalian bakal menikmati suasana kawasan ekowisata yang wow banget. 1 jam awal kalian bakal melewati hutan2 lebat dan terkadang ada sungai2 kecil yang airnya jernih, dan 1 jam berikutnya baru lah kalian melihat pedesaan dengan sawah-sawah teras yang indah banget. Jadi 2 jam bagi gue sih sangat menyegarkan mata.
suasana alam selama di Perjalanan ke Desa Curug Muncar

Ini dia kondisi kalo naik Doplak

2 jam terombang ambik diatas doplak, akhirnya sampailah kami di Ekowisata Curug Muncar. Dan buat sewa homestay nya kalian cukup bayat 50rb buat semalem buat satu rumah... jadi kami yang ber 7 ini cukup patungan sekitar 7rb doang perhari, murah banget kaaannn???
            Ditemani anak-anak desa yang amat sangat bersahabat, kami mengunjungi Curug Telogo lembu yang jadi salah satu curug di desa ini.
suasana desa Curug Muncar

1.      Curug Telogo Lumbu, Desa Curug Muncar
Sebagaimana namanya, curug utama di desa ini ialah curug Muncar, tapi karena aksesnya belum selesai dibangun dan abis terjadi longsor, jadilah kami hanya mengunjungi Curug telogo lumbu.

Bareng bocah2 desa ke Curug Telogo Lumbu
Oh iya.. buat biaya makan disini, kalian bisa mnghubungi ibu Wati yang menjadi pengurus desa untuk wisata. Kami hanya bayar Rp7rb aja buat biaya sekali makan dengan lauk yang udah sangat pas.
Malam? Rencana buat camp kami urungkan karena kondisi alam yang gak bersahabat, ditambah lagi si ciwik2 lg pd kedatangan tamu bulanan. Jadilah kami berselimut aja didalem homestay. Kalo kalian dateng pas musim penghujan, gue jamin kalian bakal susah tidur karena kedinginan. Hihihi..

5 maret 2015
            Berniat buat ngeliat sunrise di Dieng ternyata batal gegara kami telat bangun, dijadwalkan berngkat jam 3 subuh, ujung2nya kami baru caw jam setengah 5. Jadilah kami Cuma ngeliat sunrise di atas doplak dan sampe di Kawasan dieng jam setengah 7 pagi. Sewa doplak ke dieng gue kurang tau karena harga yang dikasih si mas doplak ke kita adalah harga keluarga –gue kebetulan KKN disana dulunya- jadi kami Cuma bayar 300rb doang buat dianter seharian keliling kemanapun kami mau.

2.      Petak Sembilan, Dieng
3 kali ke Dieng, baru ini gue tau ada lokasi ini. Namanya Petak sembilan yang ternyata berada bersebrangan dengan bukit pandang –yang udah terkenal duluan- . Gak usah banyak cerita deh, kalian liat aja ini dia hasil foto2nya... keren banget ngeliat telaga warna dari atas ini...

indah nya duniaaa (sumber foto : kamera Gusmen)

gak bosen2 deh buat foto kalo udah dsini..

3.      Kawah Singkidang
Untuk kesekian kalinya gue kesini, tapi kebetulan Mas aji belom pernah ke Dieng, jadi kami putuskan buat kesini. Candi arjuna kami coret dari daftar dengan pertimbangan kemaren di jogja udah ke Candi dan bisa liat Candi arjuna jg ntar dari jalan.
Tetep gak berubah, kawah singkidang tetep berbau belerang... hahaah...

Rencana berikutnya yang gagal yaitu mau ke Telaga ‘xxx’ - lupa namanya- . Padahal udah sampe ke depan telaga nya, tapi karena kabut yang amat gede, akhirnya demi keselamatan diri, kami urungkan niat buat turun dan liat dari dekat. Nih kabutnya lagi full banget....
kabuuuttt

Oh iya, ditambah lagi, Mas aji sempet keilangan Dompet karena dompetnya jatoh dari doplak, untungnya ada bapak2 baek yang ngembaliin... huh alhamdllh ya ...

momen setelah mas aji menemukan dompetnya

Masih siang sih sekitar jam 12 an, tapi kami putuskan buat balik ke Petungkriyono, tapi gak langsung balik homestay sih, kami disarankan mas doplak ke Curug Bajing yang lokasinya deket ama desa curug muncar. Dan ternyata... 2 bulan gue KKP malah gak tau ada curug sebagus ini......

Gerimis dan akhirnya hujan memaksa kami buat balik ke homestay dan istirahat buat melanjutkan perjalanan besok di Kota Pekalongan.

6 maret 2015
            Jam 6 pagi setelah sarapan, kami langsung naik doplak buat turun ke Pasar Doro. Sampai di pasar Doro kami sewa angkot ke arah kota –masjid Al Fairus lagi- dengan biaya lebih murah sedikit dari biaya awal yaitu Rp.84rb. Masjid fairus emang lagi-lagi jadi pilihan kami biar bisa mandi di sini, karena gak sanggup ama dinginnya air Petungkriyono.
            Selanjutnya trip kami dilanjutkan dengan sewa mobil lagi seharga Rp300rb buat seharian udah termasuk Bapak yang bawa mobil dan bensin. Tujuan utama kami adalah Pantai Ujungnegara di Kota Batang

4.      Pantai Ujungnegara, Batang
Sebagai pantai yang berada di utara jawa, maka Pantai ini udah sangat bagus. selain udah dikelola dengan baik, pemandangannya juga cukup mendukung. Tiket masuk juga murah, sekitar Rp4rb doang.

Puas main dipantai dengan cuaca yang super hot, karena hari ini hari jumat, maka kami para kaum adam solat dulu di Masjid yang berada tepat di samping alun-alun Kota Batang. Dan ini alun-alunnya
alun alun kota Batang

Ba’da Solat, kami makan Tauto (tauco soto) –makanan khas pekalongan yang uenak tenan-. Dengan biaya Rp.11.000/porsi + nasi Rp4000 + es teh Rp4000 maka perut ini udah sangat terisi.
            Di Kota Pekalongan kami mengunjungi taman yang berada di depan Museum batik sekedar buat foto-foto di Signage gede tulisan BATIK.

Kami gak masuk museum karena emang udah pernah masuk kesana.

Menjelang sore, kami mampir dulu ke Setono yang jadi Pusat Oleh-oleh Pekalongan. Awalnya sih gak mau beli banyak oleh2, ujung2nya pada borong jg sih.. hahah.
Puas berburu oleh2, kami mampir ke rumah Rusli buat istirahat sejenak ampe jam 5 sore. Abis itu dilanjutkan dengan mampir lagi di Masjid Al-Fairus –makasih banget buat masjid ini- buat mandi dan bebersih. Abis Magrib langsung cus ke Stasiun dan berpisah dengan Rusli dan bapak pengemudi.
Biaya kereta Pekalongan-jakarta  Rp.50rb dan jadwal berangkat kereta jam 20.30 malam, yang artinya kami sampai di St. Ps.senen Jkt jam 2 pagi, yang artinya juga kami nginep dulu di stasiun buat nunggu KRL pertama ke Bogor sekitar jam 6 pagi.

7 maret 2015
Yup... satu minggu petualangan kami di Jogja-solo-pekalongan terasa amat sangat singkat karena sama bocah-bocah kece ini yang gak berenti bikin ketawa dan juga gak berenti makan. Kata Gerry mah ‘jalan ama kalian bikin ngunyah terus.. amunisi sellau tersedia’

Tapi dan tapi perjalanan gue belom berakhir, karena 2 hari setelahnya 9 maret 2015 gue berangkat lagi naik damri ke Lampung (Biaya Damri bogor-lampung Rp220rb). Berangkat jam 8 malem,melalui selat sunda, dan sampai St.Tanjung Karang Lampung jam 5 subuh. Terus jam 8 nya gue langsung naik kereta menuju Palembang ( lampung-palembang Cuma Rp37rb loh ) . Dan jam 10 malem sampe lah di Palembang.

Selesai sudah trip gue dari Denpasar ke Palembang selama 10 hari.. sangat meeeenygesankannn J . Thanks parah buat geng trip kali ini meskipun abis itu kita tetep bangkrut karena setelah diitung2 kita abis Rp800rb an lebih –Udah termasuk oleh2 tapi itu, hemat parah bukan ya?-